Kamis, 17 Maret 2011

tugas seminar dina octavianti

Nama : Dina Octavianti
Nim : 224108204
Tugas : Seminar

PERTANYAAN DAN JAWABAN
1. Bagaimana agar seminar berjalan baik?
Jawab :
a) Seminar adalah sebuah diskusi dua arah. Tidak ada seorang yang lebih mendominasi pembicaraan. Adalah tugas moderator untuk memperhatikan ini.
b) Seminar bisa dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan yang sudah jelas ada jawabannya, lalu mengarah ke pertanyaan-pertanyaan lain yang lebih dalam dan tidak jelas jawabannya. Pertanyaan jenis kedualah yang memberikan manfaat terbesar. Tidaklah banyak pertanyaan yang seperti demikian.
c) Semua pertanyaan dan pernyataan dinyatakan dengan jelas tanpa ambiguitas. Jika sebuah pertanyaan atau pernyataan belum jelas, moderator harus bisa menunjukkan itu dan meminta sang pengujar untuk memperjelasnya
d) Masih berhubungan dengan poin pertama, setiap pertanyaan haruslah jelas sebelum ditanggapi dengan jawaban. Penanggap berhak meminta penjelasan lebih lanjut atas pertanyaan sebelum ia menjawab. Tanggapan tentunya juga harus relevan dengan pernyataan. Moderator juga harus memperhatikan ini.
e) Sebuah pertanyaan bisa dilihat sebagai jembatan kepada pertanyaan lain yang lebih mendasar. Hanya dengan cara demikian sebuah seminar dapat memberikan manfaat lebih.
f) Bila ada istilah yang sama, tetapi dipakai dengan arti yang berbeda oleh beberapa orang, moderator harus menunjukkan itu dan membuat kesepakatan dalam arti apa istilah itu dipakai sebelum melanjutkan seminar.
g) Etiket harus diperhatikan dalam sebuah seminar, seperti halnya di sebuah meja makan. Bahasa harus santun dan tidak merendahkan. Moderator terlebih harus memberikan contoh yang dapat diikuti oleh peserta yang lain. Bukan berarti seminar tidak bisa dilakukan dengan ringan dan diiringi tawa, namun canda dan tawa dilakukan dengan wajar dan memberi makna di dalam seminar. Tidak ada yang lebih membantu untuk mengingat ketimbang ide-ide kreatif yang kadang membangkitkan tawa.
h) Seminar adalah sebuah tempat untuk menggodok ide. Ia bukanlah tempat untuk membenarkan diri. Setiap orang harus kritis namun menerima bila ada pendapat yang lebih baik. Di dalam seminar semua orang memiliki posisi yang sama.
i) Sebuah seminar yang baik tidaklah harus menghasilkan sebuah kesimpulan tunggal. Setiap orang bisa pulang dengan pendapatnya masing-masing. Yang terpenting adalah mata mereka lebih terbuka, mereka telah melihat ide-ide baru yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh mereka.
http://onisur.wordpress.com/
2. Bagaimana menjadi presenter seminar yang baik?
Jawab:
a) Pembukaan Yang Kuat Dengan Kutipan
b) Latar Belakang Yang Visual
c) Pembahasan Yang Lengkap
d) Diagram Komponen Yang Saling Berhubungan, dijelaskan 3 komponen penting agar tercipta budaya sharing di perusahaan yakni:
• Kontributor
• Audiens
• Media sharing
e) Kesimpulan Dengan Penekanan Kata Kunci
muhammadnoer.com/2009/12/contoh-slide-presentasi-yang-baik-dan-alas... - 77k –
3. Bagaimana cara menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang sulit?
Jawab :
Terkadang, menghadapi pertanyaan sulit saat seminar meskipun kita benar-benar menguasai bahannya sangatlah sulit. Sangking sulitnya, mungkin saja menjawab pertanyaan itu menjadi salah dan susunan bahasa nya menjadi kurang tepat.
Untuk menghindari hal itu, sebenarnya gampang. Anda hanya perlu rileks, dan menjawab dengan tanpa rasa gugup, dan dengan penuh percaya diri. Jika anda menjawab dengan percaya diri dan penuh ketenangan, hal ini bisa mengatasi kesulitan yang terjadi.
Kepercayaan diri yang tinggi, Ketenangan dan penguasaan materi menjadi kunci utama agar bisa memberikan presentasi seminar dan menjawab pertanyaan yang sulit.

id.answers.yahoo.com

4. Apa perbedaan seminar nasional dengan seminar internasional?
Jawab :
 Seminar Nasional:
1. Seminar yg bernuansa dan bertema Nasionalisme
2. Pesertanya masih orang dalam negeri
3. Seminarnya dilakukan didalam negeri
4. Pemberi materi seminarnya masih orang dalam negeri
5. Materi seminarnya tentang masalah Nasional
 Sedangkan Seminar internasional:
1. Seminar yg bernuansa dan bertema internasionalisme
2. Pesertanya orang luar negeri
3. Seminarnya dilakukan di luar negeri
4. Pemberi materi seminarnya orang luar negeri
5. Materi seminarnya tentang masalah internasional
id.answers.yahoo.com ›

Tidak ada komentar:

Posting Komentar