Minggu, 13 Maret 2011

Dwi Putri Sanggarika (2241 08 277)

Tugas 1
Pertanyaan :


1.    Perbedaan seminar dengan simposium?
2.  Cara menjadi moderator seminar yang Efektif & Handal !
3.  Bagaimana Membuat Sebuah Seminar yang Baik
4.  Jasa Event Organizer untuk Seminar!


Jawaban :
1. kalau seminar merupakan suatu pembahasan masalah secara ilmiah, walaupun topik yang dibahas adalah masalah sehari-hari. Dalam membahas masalah, tujuannya adalah mencari suatu pemecahan, oleh karena itu suatu seminar selalu diakhiri dengan kesimpulan atau keputusan-keputusan yang merupakan hasil pendapat bersama, yang kadang-kadang diikuti dengan resolusi atau rekomendasi.
kalau simposium serangkaian pidato pendek di depan pengunjung dengan seorang pemimpin. Simposium menampilkan beberapa orang pembicara dan mereka mengemukakan aspek-aspek pandangan yang berbeda dengan topik yang sama. namun tidak ada suatu kesimpulan akhir yang diambil.

2. Persiapan sebelum hari-H :
Pelajari material setiap sesi.
Mau cara yang gampang, minta panitia untuk kirimkan handout dari setiap pembicara. Tapi ada kalanya (sering bahkan) handout ini tidak bisa diterima hingga hari H. Maka tempuh alternatif lain: Anda bisa lakukan riset di internet. Dengan cara ke-2 ini, Anda tetap harus setidaknya membaca beberapa bagian dari handout/slide begitu Anda tiba di lokasi acara.

Pilih busana baik-baik
Jangan pakai baju warna kinclong atau apapun yang mencolok. Itu akan membuat Anda tampak lebih menonjol ketimbang sang pembicara. Dalam acara di mana Anda jadi moderator, ingat ingatlah untuk tidak tampak lebih keren secara menonjol ketimbang sang narasumber.

-  Persiapkan amunisi dengan baik
Anda sebaiknya bersiap manakala panitia terlalu sibuknya hingga tak sempat siapkan hal-hal remeh untuk kepentingan narasumber.

3.  Sebelum kita melihat bagaimana membuat sebuah seminar yang baik, baiklah kita perjelas dahulu apa yang dimaksud dengan seminar dalam tulisan ini.
Yang pertama adalah apa tujuan seminar. Seminar di sini adalah untuk mengeksplorasi sebuah ide. Dengan demikian seminar berbeda dengan pelatihan, di mana di dalam pelatihan, ada sebuah keahlian yang dibawakan oleh seorang yang menguasainya dan di dalam pelatihan terjadi transfer ilmu.
Yang kedua adalah bagaimana peran orang yang ikut di dalam seminar. Seminar adalah satu pertemuan di mana semua para pesertanya terlibat aktif. Di dalam seminar yang dimaksud ini, tidak ada pembicara dan peserta, seperti yang dikenal dalam seminar pada umumnya. Tidak ada perbedaan antara pembicara dan peserta. Dengan demikian seminar dibedakan dari kuliah, di mana ada seorang lektor membawakan suatu tema atau ide, dan peserta kuliah mendengarkan dan bertanya. Lektor adalah seseorang yang menguasai tema tersebut, sedangkan peserta adalah orang yang mempelajari tema tersebut.
Untuk berjalannya sebuah seminar dengan baik perlulah dipikirkan beberapa syarat:
1. Ruang seminar
2. Peserta
3. Moderator
4. Jalannya seminar

4Penyelenggaraan seminar / workshop tertentu membutuhkan kerja team yang baik agar berjalan lancar sesuai dengan yang diinginkan sehingga semua peserta merasa nyaman selama seminar berlangsung.
Persiapan yang matang wajib dilakukan semuanya mulai dari transportasi, penginapan sampai dengan catering.
Dalam hal ini pengalaman langkah production yang bergerak dalam bidang jasa event organizer untuk seminar sangat bisa diandalkan.  Beberapa seminar dan workshop selalu sukses kita adakan baik yang di dalam kota maupun luar kota.
Konsep seminar biasanya mengikuti dari tema yang dibawakan pada seminar itu dan di modifikasi untuk membuat seminar lebih menyenangkan dan tidak membosankan bagi para pesertanya, seperti seminar pada umumnya.
Langkah pro sebagai event organizer yang professional selalu mengalirkan ide-ide segar dalam pengaplikasiannya di lapangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar