Rabu, 16 Maret 2011

Tia Sarah ( 2241.08.092 )

Tugas 1 Pertanyaan


1. Bagaimana melakukan suatu Seminar ?

Jawab :
•Mengisi ruangan merupakan fungsi dari dua faktor utama:
Mintalah penonton kanan
Membangun sebuah undangan yang menarik emosi
•Para penonton seminar kanan memiliki fitur:
Mereka memiliki waktu untuk menghadiri seminar Anda
Mereka memiliki beberapa masalah EMOSI yang meyakinkan bahwa Anda dapat mengatasi
Mereka memiliki akses ke uang mereka
•Jadi pelajaran pertama dalam cara melakukan seminar adalah mengundang orang yang tepat

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Teleseminar?

Jawab:
seminar yang disampaikan melalui panggilan konferensi melalui telepon dan / atau melalui Internet. Instruktur moderat panggilan, sementara peserta mendengarkan. Untuk melibatkan pendengar, banyak instruktur memberikan garis besar, catatan lembaran atau salinan slide PowerPoint untuk mengikuti saat mendengarkan presentasi.

3. Jelaskan cara untuk menjadi Moderator handal ?

Jawab
•Persiapkan dan bekali diri dengan materi seminar. Hal ini penting bagi moderator, karena pada saat seminar berlangsung, moderator bisa memancing pertanyaan peserta pada saat tanya jawab dengan menggunakan bekal ilmu dasar yang sudah dimilikinya. Bandingkan dengan moderator yang tidak mengerti apapun mengenai isu yang sedang dibicarakan.
•Pelajari baik-baik riwayat hidup para pembicara. Bila kurang jelas, tanyakan terlebih dahulu sebelum seminar dimulai. Jangan sampai kita terlihat tidak tahu apa-apa mengenai pembicaranya. Jika harus membaca biografi pembicara, bacalah dengan jelas dan singkat. Tidak usah dibaca semua jika dirasa terlalu panjang. Karena itu tandailah sebelumnya bagian mana yang penting dan perlu diketahui oleh peserta. Jika pembicara boleh memperkenalkan diri sendiri, beri batasan waktu.
•Berlatihlah kira-kira 2-3 menit sebelum seminar berlangsung sebagai pemanasan.
•Ucapkan kata-kata dengan suara lantang, tegas, namun bersahabat. Sesuaikan dengan tema seminar dan juga audiens. Apakah boleh tersenyum, memberi sedikit lelucon, ataukah harus menciptakan suasana yang sedikit serius. Bedakan jika memberi seminar kepada anak SD dan kepada mahasiswa.
•Jaga kontak mata dengan peserta dan juga pembicara selama seminar berlangsung.
•Atur suasana tenang saat pembicara sedang di depan dan atur agar suasana diskusi/tanya jawab (bila ada) berjalan lancar dan terkendali. Moderator harus pandai membaca suasana untuk mengatur jalannya seminar, kapan peserta boleh bertanya, berikan kesempatan kepada pembicara saat pembicara terlihat siap untuk menjawab, dan sebagainya. Jika seminar terlihat membosankan, beri sedikit “sisipan” untuk menyegarkan pikiran dan menghidupkan suasana.
•Perhatikan waktu/durasi dengan teliti. Mulai dan akhirilah seminar tepat pada waktunya.
•Untuk menjadi moderator yang baik tentu kita harus memiliki skill dalam public speaking. Karena itu, berlatihlah terus menerus untuk berbicara di depan orang banyak dan menciptakan suasana nyaman dalam berbicara. Latihan juga berguna untuk membiasakan diri dan menghilangkan rasa gugup.

4. Jelaskan tujuan diadakannya kongres ?

Jawab :
Tujuan diadakannya kongres adalah untuk membentuk badan sentral, memajukan paham persatuan kebangsaan dan mempererat hubungan diantara semua perkumpulan kebangsaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar