Selasa, 15 Maret 2011

SYIFA SOLIHAH (2241.08.153)

SOAL
1. Apa yang dimaksud dengan simposium?
2. Apa yang dimaksud dengan seminar?
3. Sebutkan kelebihan dan kelemahan dari seminar!
4. Apa yang dimaksud dengan diskusi panel?

JAWABAN
1. Simposium adalah serangkaian pidato pendek di depan pengunjung dengan seorang pemimpin. Simposium menampilkan beberapa orang pembicara dan mereka mengemukakan aspek-aspek pandangan yang berbeda dan topik yang sama. Dapat juga terjadi, suatu topik persoalan dibagi atas beberapa aspek, kemudian setiap aspek disoroti tersendiri secara khusus, tidak perlu dari berbagai sudut pandangan. (google.com)

2. Seminar merupakan suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Yang berpartisipasi pun orang yang ahli dalam bidangnya. (trionugraha’s blog)

3. – kelebihan: 1. membangkitkan pemikiran yang logis
2. mendorong pada analisa menyeluruh
3. membangkitkan tingkat konsentrasi yang tinggi
4. meningkatkan keterampilan dalam mengenal problema
- kelemahan: 1. membutuhkan banyak waktu
2. memerlukan pimpinan yang terampil
3. mengharuskan setiap kelompok mempelajari dahulu
4. sulit dipakai bila kelompok terlalu besar
(ferdypharm’s blog)




4. Panel merupakan salah satu bentuk diskusi yang sudah direncanakan tentang suatu topik di depan para pengunjung. Diskusi panel dibawakan oleb 3 - 6 orang yang dianggap ahli yang dipimpin oleh seorang moderator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar