Selasa, 22 Maret 2011

proposal seminar (dewa kadek nantaboga 224108234)


PENGARUH INOVASI STRATEGI TERHADAP EFISIENSI OPERASIONAL PERUSAHAAN PENERBANGAN

PROPOSAL SEMINAR



OLEH:
DEWA KADEK ANTABOGA(224108234)











SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPORT TRISAKTI
JAKARTA

Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi, perubahan struktur budaya dan peradaban telah membawa kita pada suatu era yang menjadikan kecepatan akses informasi dan transportasi sebagai nilai vital yang harus terpenuhi. Transportasi Udara beserta teknologinya dalam konteks ini tentu saja menjadi “Maskot” bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat modern tersebut dalam hal kecepatan akses transportasi dan informasi. Demikian halnya di Indonesia, kebutuhan masyarakat Indonesia akan pemenuhan kebutuhan transportasi udara pun meningkat tajam sejak terjadinya dinamika positif dalam bidang ekonomi pasca reformasi. Hal ini kemudian memicu peningkatan pertumbuhan industri penerbangan dalam kurun waktu tahun 2000 sampai dengan tahun 2008 dengan pertumbuhan rata-rata di atas 20% per tahunnya (Dr. Laurensius, 2010).
Namun, terjadi suatu paradoks tersendiri ketika beberapa perusahaan penerbangan di Indonesia tutup atau bangkrut justru ketika industrinya tumbuh dengan potensi pasar yang sangat besar. Fenomena ini dinilai beberapa pakar disebabkan oleh kesalahan manajemen yang tidak mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan eksternal seperti regulasi, pertumbuhan ekonomi, sosial, politik, pasar dan persaingan.
Pada dasarnya, industri penerbangan merupakan suatu industri yang memiliki tingkat sensitifitas tinggi, dimana setiap perubahan lingkungan eksternal akan membawa pengaruh yang signifikan bagi kondisi internal industry penerbangan, khususnya pada kinerja strategis dan tingkat efisiensi perusahaan. Industry penerbangan sendiri menurut para ahli, memiliki karakteristik yang khusus, yakni: tingkat perubahan yang sangat cepat, pertumbuhan industry yang dinamis, inovatif dalam persaingan,dan menggunakan teknologi yang tinggi.(Hanlon dan Doganis). Dalam masalah model persaingan bisnis,
Avinash Dixit dan Susan Skeath menggambarkan bahwa persaingan bisnis dalam dunia penerbangan termasuk persaingan bisnis dengan langkah simultan (simultaneous-move games), dimana setiap perusahaan penerbangan yang bersaing mengambil keputusan desain dan fitur produk layanan tanpa mengetahui tindakan yang akan diambil perusahaan pesaing mengenai produk layanan mereka. Penjelasan Dixit dan Skeath ini pun pada akhirnya semakin menambah tingkat ketidakpastian dalam model persaingan bisnis antar perusahaan penerbangan
            dimana setiap perusahaan penerbangan yang bersaing mengambil keputusan desain dan fitur produk layanan tanpa mengetahui tindakan yang akan diambil perusahaan pesaing mengenai produk layanan mereka. Penjelasan Dixit dan Skeath ini pun pada akhirnya semakin menambah tingkat ketidakpastian dalam model persaingan bisnis antar perusahaan penerbangan Secara empiris dan general) perusahaan
para pakar strategi bisnis telah merumuskan suatu paradigma khusus untuk menghadapi persaingan bisnis dalam ketidakpastian lingkungan. Paradigma ini tertuang dalam suatu konsep yang disebut sebagai konsep ESP (Environment-Strategy-Performance). Konsep ESP disini merupakan pengembangan lebih lanjut dari pendekatan entrepreneurship, yakni adaptabilitas, fleksibilitas, dan inovasi model bisnis. Pengadopsian pendekatan entrepreneurship dalam konsep ESP sangat jelas terlihat, dimana konsep ESP menjadikan orientasi strategy sebagai jembatan penghubung antara (ketidakpastian) lingkungan(environment), dengan kinerja (performance Melihat kondisi tersebut, manajemen pada tingkat manapun dalam industri penerbangan haruslah memiliki kepekaan tersendiri dalam beradaptasi dan merespon setiap perubahan eksternal yang ada, sekaligus menyusun strategi untuk menghadapi persaingan dalam iklim lingkungan yang mungkin akan berubah secara cepat dan tiba-tiba
Untuk membuktikan gagasan di atas, sekaligus mendukung teori-teori fundamental yang telah dibangun para ahli strategi bisnis penerbangan sebelumnya, kami memberi tulisan ini judul yang sesuai tema pembahasan, yakni “Pengaruh Inovasi Strategis terhadap Efisiensi Operasional Perusahaan Penerbangan.”

Rumusan Masalah
1.      Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi efisiensi         operasional perusahaan penerbangan?
2.       Bagaimana inovasi strategis bisa mempengaruhi efisiensi operasional perusahaan penerbangan?
3.      Unsur-unsur apa sajakah yang dapat membantu terciptanya inovasi strategis?
4.      Bagaimana sifat hubungan antara variable inovasi strategis dengan variable efisiensi operasional   pada perusahaan penerbangan?
5.      Bagaimana hubungan inovasi strategis dan konsep ESP dapat membangun kinerja organisasi dengan tingkat efisiensi operasional yang tinggi?
6.      Apa saja tindakan konkret yang bisa diambil perusahaan penerbangan untuk menunjang kegiatan inovasi strategisnya dalam rangka mencapai efisiensi operasional yang tinggi?
             
Tujuan Penelitian
  1. Mendeskripkan faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi    operasional perusahaan penerbangan.
  2.  Menganalisis pengaruh inovasi strategis terhadap efisiensi operasional perusahaan penerbangan.
  3.  Mendeskripsikan unsur-unsur yang dapat membangun inovasi strategis.
  4.  Menganalisis dan mendeskripsikan sifat hubungan antara variable inovasi strategis dengan variable efisiensi operasional perusahaan penerbangan.
  5.  Menganalisis dan menjelaskan hubungan inovasi strategis dalam konsep ESP untuk membentuk suatu kinerja operasi yang efisien. Mendeskripsikan tindakan konkret yang harus diambil perusahaan penerbangan untuk menunjang kegiatan inovasi strategisnya dalam rangka mencapai efisiensi operasional yang tinggi.





Manfaat Penelitian
  Sesuai dengan judul Proposal ini,Pengaruh Inovasi Strategi Dalam Meningkatkan  Efisiensi Operasional Perusahaan Penerbangan,proposal ini ini diharapkan akan bermanfaat bagi pihak-pihak tertentu.Bagi rekan-rekan mahasiswa  dan masyarakat lainnya,akan mengetahui pengaruh strategi dalam perusahaan-perusahaan penerbangan  khususnya di wilayah Indonesia.Hal ini harus diperhatikan agar kemajuan sangat pesat bagi perusahaan penerbangan di Indonesia untuk menyaingi kemajuan perkembangan Teknologi,Sumber  daya manusia,di dunia Internasional
  Bagi kami pada umumnya,hasil Proposal ini akan menambah wawasan mengenai strategi-strategi mengenai efisiensi perusahaan penerbangan.
Metode Penelitian
  Dalam tulisan ilmiah kali ini, kami (penulis) menggunakan metode pustaka:
  - Metode pustaka: kami mengambil data yang mendukung penelitian kami dari sumber tertulis berupa literature ilmiah, jurnal ilmiah, media massa, internet, dan lain-lain yang memuat pendapat pakar atau ahli yang berkaitan dengan tema pembahasan. Pendapat para ahli yang berpendapat sama dikelompokkan, kemudian dikomparasikan dengan pendapat ahli yang berbeda, bila ada, setelah itu disimpulkan mana yang lebih kuat secara teoritis
Landasan Teori
  Henry Chesbrough mengatakan, “today, innovation must include business models, rather than just technology dan R&D.” sebagaimana pendapat Henry di atas, maka penelitian ini kami batasi pada pembahasan inovasi model bisnis saja, berupa inovasi strategis dalam ruang lingkup orientasi strategi. Dengan kata lain, tulisan ini tidak akan membahas inovasi dalam ruang lingkup luas, seperti pengembangan teknologi yang berkaitan dengan departemen R&D.
           
Avinash Dixit dan Susan Skeath menggambarkan bahwa persaingan bisnis dalam dunia penerbangan termasuk persaingan bisnis dengan langkah simultan (simultaneous-move games), dimana setiap perusahaan penerbangan yang bersaing mengambil keputusan desain dan fitur produk layanan tanpa mengetahui tindakan yang akan diambil perusahaan pesaing mengenai produk layanan mereka. Penjelasan Dixit dan Skeath ini pun pada akhirnya semakin menambah tingkat ketidakpastian dalam model persaingan bisnis antar perusahaan penerbangan
            dimana setiap perusahaan penerbangan yang bersaing mengambil keputusan desain dan fitur produk layanan tanpa mengetahui tindakan yang akan diambil perusahaan pesaing mengenai produk layanan mereka.




Daftar pustaka
  E.Porter. 2005. The Competitive advantage of nations.Moskow
  Abdullah.2004.Memenuhi Jurnal Ilmiah Nasional & Internasional .Jakarta.Gramedia
  Veronica.2001.Dasar-dasar menulis karya ilmiah.Jakarta.Grasindo
  Manurung.2002.Strategi dan inovasi model bisnis.Jakarta.Gramedia


Penutup
  Kami ucapkan trimakasih kepada:
  Bapak Drs.Osman Arofat,M.M,Dosen Seminar.
  Wahyu Satriawan,teman kami yang membantu mencari inspirasi.
  Teman-teman seperjuangan lainnya.

1 komentar: