Rabu, 16 Maret 2011

HILDAWATI ARIEF (2241.08.134)

1. Apa yang dimaksud dengan Sarasehan dan bentuk pertemuan seperti apa Sarasehan ?
Jawab :
Sarasehan merupakan bentuk pertemuan yang dihadiri oleh sekelempok undangan tertentu untuk membicarakan suatu masalah dengan cara yang informasi dan dalam suasana yang rileks, bahkan tempat duduk peserta cukup di lantai saja atau yang dikenal dengan istilah lesehan.
Dalam pertemuan ini ada yang memimpin dan hadirin atau peserta dipersilahkan dengan bebas dan terbuka, dan secara rileks menyampaikan gagasan dan saran untuk pemecahan tertentu yang menjadi topic pembicaraan.

2. Hal-hal apa yang harus dipersiapkan sebelum mengadakan seminar?
Jawab :
a. Menentukan Tujuan dan Tema Seminar > tujuan dan tema perlu dirumuskan dan diuraikan secara jelas, karena tema merupakan tujuan pokok seminar yang kelak akan dijabarkan menjadi tujuan yang harus dicapai, sementara tema akan menentukan iklim dan suasana seminar.
b. Pokok bahasan seminar > pembahasan dalam sebuah seminar sepenuhnya tergantung pada makalah-makalah atau kertas kerja yang telah disiapkan sebelumnya oleh para pemakalah, sesuai dengan poko-pokok pembahasan yang diminta oleh Panitia Penyelenggara, yang selanjutnya nanti akan didiskusikan dalam seminar.
c. Mengetahui Profil Peserta Seminar > dari tujuan maupun tema seminar, sudah diperoleh kira-kira siapa yang akan menjadi peserta seminar, dan gambaran yang tepat mengenai profil calon peserta harus diperoleh agar tidak terjadi pengaruh negative terhadap hasil seminar.
d. Mengembangkan format dan desain seminar > mengembangkan format dan desain seminar terkait dengan materi yang akan disampaikan, informasi apakah yang akan dibawakan dalam seminar, sehingga dapat memenuhi harapan penyelenggara maupun peserta.
e. Mengembangkan strategi penyelenggara dan logistic seminar > penyelenggaraan seminar akan berhasil bila perencanaan dibuat sematang mungkin, perencanaan acara maupun perencanaan logistic sebagai dukungan kegiatan.

3. Dimana seminar dapat diselenggarakan?
Jawab :
Seminar dapat diselenggarakan di aula, audiotorium, atau ruang serbaguna kampus atau sekolah, di ruang seminar yang biasanya disediakan di hotel-hotel berbintang atau pusat perkantoran mewah, atau di suatu pusat konversi (convention centre) yang memang telah didesain untuk penyelenggaraan pertemuan-pertemuan semacam seminar.

4. Apa yang dimaksud dengan Kongres?
Jawab :
Kongres merupakan forum bertemunya wakil-wakil yang berwenang dari suatu kelompok atau organisasi yang mempunyai kekuasaan tertinggi dalam menentukan pedoman, kebijakan-kebijakan, program kegiatan dan adakalanya membentuk kepengurusan dari kelompok atau organisasi. Sama dengan konferensi, kongres juga dapat berskala nasional maupun internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar