Senin, 21 Maret 2011

PROPOSAL SKRIPSI -IRMA AGUSTINA PANJAITAN- 234110028




PROPOSAL PENELITIAN
ANALISIS PRE FLIGHT SERVICE DALAM MENINGKATKAN JASA PELAYANAN PENERBANGAN TERHADAP PENUMPANG PADA PT.INDONESIA AIRASIA JAKARTA TAHUN 2007




Disusun Oleh :
                                           Irma Agustina.P : 2341.10.028
                                          





SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPORT
TRISAKTI-JAKARTA
2011

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas karunia dan nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita semua.Atas terselesaikannya makalah ini, dengan ini kami mengharapkan mahasiswa-mahasiswi dapat mengetahui peranan pre flight service dalam meningkatkan jasa pelayanan penerbangan terhadap penumpang pada PT. INDONESIA AIR ASIA .
Akhir kata kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dan mempercepat penyelesaian makalah ini.Kami mengharapkan saran dan kritik yang dapat menyempurnakan makalah ini semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pihak.











DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………………………………….. 2
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………. 3                           
 BAB I       PENDAHULUAN
                    A. Latar Belakang …………………………………………………………………………. 4 
                    B. Perumusan Masalah…………………………………………………………………. 5
                    C.Tujuan dan Manfaat Penelitian……………………………………………….…  5
                    D. Metode Penelitian……………………………………………………………………  6
                    E.Lokasi Kegiatan………………………………………………………………………….. 7
                    F.Anggaran Biaya……………………………………………………………………….…  7
                     G.Tim Penelitian................................................................................ 7
PENUTUP………………………………………………………………………………………………………….
DAFTAR  PUSTAKA…………………………………………………………………………………………...





BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

Peranan pre-flight service merupakan salah satu kegiatan yang paling penting dalam kegiatan handling.Kegiatan pelayanan pre-flight merupakan unit pelayanan yang langsung berhubungan dengan penumpang.Adapun peranan dari pre-flight itu sendiri adalah memberikan kemudahan dalam pelayanan system tiket sales dan check in counter serta boarding gate.
        Pre-fligt service adalah pelayanan kepada penumpang yang akan berangkat diterminal keberangkatan (Departure). Dalam peranannya meningkatkan pelayanan passenger handling harus sesuai dengan prosedur yang ditetapkan yaitu mengacu kepada Standart Operation Procedure (SOP) perusahaan guna mencapai tingkat kepuasan penumpang. Dengan  memberikan service yang baik kepada penumpang berarti perusahaan tersebut telah bekerja dengan maksimal, karena dalam dunia penerbangan pelayanan sangat penting tanpa pelayanan yang memuaskan maka citra perusahaan penerbangan akan buruk dimata penumpang.
        PT.Indonesia Air Asia (IAA) adalah salah satu perusahaan penerbangan (Airline) yang ada pada saat ini yang merupakan kerjasama bisnis antara Negara Indonesia dengan Malaysia yang bergerak dalam bidang jasa angkutan penerbangan.Dan telah kita ketahui bersama, Indonesia Air Asia juga merupakan jasa angkutan penerbangan yang mempunyai system LCC(Low Cost Carrier), yaitu perusahaan penerbangan dengan konsep biaya rendah.
        Keselamatan, keamanan dan kenyamanan tetaplah menjadi satu prioritas.Pelayanan yang diberikan kepada calon penumpang harus semaksimal mungkin, mulai dari penumpang akan mengalami perjalanan penerbangan sampai ketempat tujuan dengan selamat. Banyak hal yang mempengaruhinya antara lain mulai dari pelayanan check-in hingga boarding gate diberikan kepada penumpang semaksimal mungkin agar penumpang merasa puas.
        Adapun tujuan dari pembahasan laporan ini adalah untuk dapat mengetahui lebih jauh peranan pre-flight service yang sangat erat kaitannya dengan passanger handling.Mengingat akan pentingnya peranan pre-flight service tersebut, maka atas latar belakang itulah penulis mengangkat masalah dan memberikan judul :
“PERANAN PRE FLIGHT SERVICE DALAM MENINGKATKAN JASA PELAYANAN PENERBANGAN TERHADAP PENUMPANG PADA PT.INDONESIA AIRASIA JAKARTA TAHUN 2007”.
B.    Perumusan Masalah
   Selama kurang lebih tiga bulan penulis melakukan penelitian ini, penulis melihat masalah-masalah yang sering tiimbul pada pre-flight service saat menangani penumpang yang berangkat (Departure) adalah sebagai berikut :
1.     Bagaimana bila nama penumpang tidak sesuai dengan identitas sesungguhnya?
2.     Bagaimana jika bagasi atau barang yang di bawa tidak terdaftar?
3.     Bagaimanakah   jika  terjadi pada delay penerbangan ?

C.     Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan penulis dalam membuat PKL ini adalah sebagai berikut :
1.      Tujuan agar selaku petugas ketelitian di utamakan demi menyakut performance penumpang  sedangkan manfaatnya agar tidak terjadi penyelupan penumpang demi keamanan dan kenyamanan
2.      Tujuannya petugas harus cek di periksa kembali data bagasi atau barang yang tidak terdafatar dan manfaatnya agar diteliti dalam bagasi atau barang yang sudah terdaftar
3.      Tujuannya kami akan menginformasikan ke pada penumpang dan manfaatnya harus lebih berformance


Manfaat penulisan dalam membuat laporan ini adalah :
1.      Bagi Penulis
Manfaat dalam penelitian ini  kami  mempelajari mengenai tentang analisis fre flight service dalam meningkatkan jasa pelayanan penerbangan terhadap penumpang pada PT.Indonesia airasia. Dalam keterkaitan teori yang telah diberikan sebelumnya di kelas pembelajaran kampus dengan penerapannya secara praktek di dunia pekerjaan khususnya dalam hal ini tempat penulis melakukan praktek kerja lapangan di PT.Indonesia Air Asia.
2.      Bagi  PT.Indonesia Air Asia
Laporan ini dapat dijadikan bahan masukan akan pentingnya kedisiplinan dan ketelitian serta tanggung jawab dalam kerja untuk kepuasan penumpang.
3.      Bagi Sekolah Tinggi Manajeman Transpor Trisakti (STMT Trisakti)
Sebagai pembendaharaan perpustakaan dan ilmu  pengetahuan bagi mahasiswa atau mahasiswi yang kelak melaksanakan kegiatan penelitian agar lebih baik dan sebagai informasi tambahan dalam ilmu pengetahuan terhadap bidang Manajeman Transportasi

D.  Metode Penelitian
         Di dalam pengumpulan data yang terdapat di perlukan beberapa metode pengumpulan data.Adapun metode yang dipergunakan dalam penulisan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Metode Pengumpulan Data
a.      Penelitian lapangan ( Field Research )
Metode pengumpulan data dan informasi dengan mengadakan tinjauan langsung ke perusahaan guna mengamati secara langsung objek yang diteliti.Data ini merupakan data primer yang akan diteliti dalam menganalisis topik yang dipilih untuk dijadikan landasan teori, untuk memperoleh data ini,yaitu melalui :        
·      Observasi (observation)
Pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan langsung terhadap gejala-gejala yang terjadi untuk memperoleh gambaran yang jelas dari keadaan yang sebenarnya.
b.        Penelitian Kepustakaan
Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari, mencatat dan mengumpulkan bahan bacaan mulai dari perencanaan, pengumpulan data dan analisis data dimana bahan bacaan tersebut dapat di dapat dari perpustakaan, maupun dari materi-materi perkuliahaan, serta data-data dari sumber-sumber tertentu yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

E.  Lokasi Kegiatan
     Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Maret hingga Juni 2011 di Bandara Soekarno-Hatta, JAKARTA.

F.  Anggaran Biaya
     Adapun anggaran biaya yang diperlukan selama penelitian ini adalah sebagai beriku
1.      Dokumentasi Rp.200.000,-
2.      Penyusunan Laporan penelitian Rp.300.000,-
3.      Biaya seminar  Rp 200.000,-
4.      Foto copy dan pengetikan Rp 150.000,-
JUMLAH                         = Rp 850.000
     G.TIM PENELITIAN
·         Ketua           : Irma Agustina panjaitan
·         Wakil ketua : Eka wualndari
      H. JADWAL PENELITIAN
·         Tgl 3 maret 2011
·         Tgl 5 maret 2011
·         Tgl 7 maret 2011

PENUTUP

Setelah kita melakukan penelitian pelayanan PT.Air Asia pada tahun 2010 tentang pelayanan pre flight disimpulkan bahwa perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan dapat memberikan pelayanan semaksimal mungkin sehingga penumpang merasa aman dan nyaman selama berada di ruang pre flight.


















DAFTAR PUSTAKA

        Standart Operating Procedure, PT. INDONESIA AIRASIA,Jakarta,2004.

         Nur Nasution, Manajemen Transportasi, (2002) pada perusahaan 
         Penerbangan yang kecil melaksanakan struktur organisasi lini dan staf
        
         Kotler dan Armstrong, Manajemen Pemasaran (1993) kegiatan atau
         Manfaat jasa yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain. 
      
         Abdul Majid,Suharto dan Eko probo D.Warpani,Ground handling.
         STMT TRISAKTI,JAKARTA 2007
                



Tidak ada komentar:

Posting Komentar