Kamis, 24 Maret 2011

PROPOSAL SKRIPSI - DWI PUTRI SANGGARIKA (2241 08 277)

“STRATEGI MENINGKATKAN PENGGUNAAN SPACE PADA GUDANG CARGO IMPORT PT. JASA ANGKASA SEMESTA (PT. JAS) DI BANDARA SOEKARNO-HATTA TAHUN 2012”

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin membaik memiliki dampak yang positif terhadap dunia penerbangan, hal ini dapat terlihat dari meningkatnya pergerakan lalu lintas terhadap dunia penumpang dan barang di Indonesia menuju ke berbagai belahan dunia dengan moda transportasi udara. Meningkatnya volume pengiriman barang melalui moda transportasi udara mengakibatkan persaingan antar operator perusahaan ground handling dalam menawarkan ruangan kargo (space cargo) di gudang impor untuk menyediakan ruang barang dari berbagai airlines. Operator penerbangan asing berlomba-lomba dan menawarkan jasanya dengan strategi masing-masing, untuk memenuhi target penyimpanan.
PT. Jasa Angkasa Semesta (PT. JAS), berupaya meningkatkan volume penjualan ruang kargo di gudang import. Banyaknya perusahaan ground handling sejenis, membuat PT. JAS dalam hal penjualan ruang kargo harus merumuskan perencanaan strategi meningkatkan pengunaan space cargo di gudang untuk memenuhi target penyimpanan dan penimbunan barang terhadap penerimaan kargo impor.
Perumusan strategi dan kebijakan dalam upaya memenuhi target penyimpanan dan penimbunan barang serta meningkatkan penggunaan space pada gudang kargo impor memerlukan perencanaan yang baik. Perumusan tersebut dapat ditinjau dari berbagai segi baik internal maupun eksternal perusahaan, sehingga realisasi terhadap
target yang telah direncanakan dapat terpenuhi atau bahkan merebut pangsa pasar kargo import pada PT. JAS di Bandara Soekarno Hatta Tahun 2012.

B. PERUMUSAN MASALAH
1. Identifikasi Masalah.
Berdasarkan uraian di atas penulis mengidentifikasikan masalah pada :
a. Bertambahnya perusahaan sejenis yang menjual ruang kargo di area pergudangan sehingga mengakibatkan persaingan.
b. Penempatan kargo yang masih salah, tidak sesuai dengan klasifikasinya.
c. Penataan ruang yang kurang maksimal.
d. Banyaknya barang tertimbun, yang tidak langsung diambil oleh pemiliknya menyebabkan penuhnya ruang gudang.

2. Batasan Masalah
Agar pembahasan tidak terlalu meluas maka penulis hanya membatasi masalah pada strategi meningkatkan pengunaan ruang pada gudang kargo impor untuk proyeksi tahun 2012 pada PT. JAS di Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan teknik analisis data SWOT.

C. TUJUAN PENELITIAN
a. Untuk mengetahui faktor internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan pada PT. JAS di Bandara Soekarno-Hatta Tahun 2012.
b. Untuk megetahui faktor eksternal yang meliputi peluang dan ancaman pada PT. JAS di Bandara Soekarno-Hatta Tahun 2012.
c. Untuk mengetahui strategi meningkatkan penggunan space pada gudang impor PT. JAS dalam upaya meningkatkan target penerimaan barang tahun 2012.

D. MANFAAT PENELITIAN
a. Bagi Peneliti
Untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan terutama dalam bidang manajemen strategi meningkatkan penggunaan space kargo di gudang impor dalam upaya memenuhi target penyimpanan dan penimbunan barang pada PT. JAS Tahun 2012 di Bandara Soekarno Hatta.
b. Bagi Perusahaan
Penelitian ini dapat menjadi bahan masukan pada PT. JAS dalam merumuskan strategi meningkatkan penggunaan space pada gudang kargo impor dalam penentuan kebijakan untuk memenuhi target pada tahun 2012.
c. Bagi Sekolah Tinggi Manajemen Transpor (STMT) Trisaki
Hasil penelitian ini dapat berguna bagi penelitian selanjutnya yang akan membahas topik yang sama dan sebagai informasi tambahan dalam ilmu pengetahuan terhadap bidang manajemen strategi.

E. Metode Penelitian
Didalam pengumpulan data serta keterangan-keterangan yang didapat diperlukan beberapa metode pengumpulan data. Adapun metode penelitian yang akan dipergunakan dalam penulisan ini adalah sebagai berikut :
1. Metode Pengumpulan Data
a. Penelitian Lapangan (Field Research)
Metode pengumpulan data dan informasi dengan mengadakan tinjauan langsung ke perusahaan guna mengamati secara langsung objek yang diteliti. Data ini merupakan data primer yang akan diteliti dalam menganalisis topik yang dipilih. Untuk memperoleh data ini, yaitu melalui:
1) Wawancara (interview)
Yaitu alat pengumpulan data untuk memperoleh informasi langsung dari sumbernya dengan berkomunikasi tanya jawab secara langsung dengan orang yang diberikan wewenang untuk memberikan data dengan mencatat jawaban dari responden atas pertanyaan dari peneliti sebagai pewawancara ( interviewer ) dengan alat atau instrument cara ( interview list ).
Banyaknya responden pada penelitian biasanya yaitu sebnyak 50 orang yang berasal dari beberapa kalangan (mahasiswa, penumpang pesawat, pegawai cargo, dsb.)
2) Observasi (observation)
Pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan langsung terhadap gejala-gejala yang terjadi untuk memperoleh gambaran yang jelas dari keadaan yang sebenarnya.

F. DAFTAR PUSTAKA

Google, PT.jas.co.id

Jasa Angkasa Semesta Tbk, PT , 3/F Menara Cardig, Jl. Raya Halim Perdanakusuma, Jakarta, 13650 .Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar