Jumat, 17 Juni 2011

Nindy elma( 224108255)

Proposal

 BAB I
PENDAHULUAN

A.latar belakang masalah
             Dalam era globalisasi sekarang ini arus exsport import sudah sangat pesat perkembangannya,dimana akitivitas daripada exsport dan import sangat berkaitan satu sama lain antra instansi-instansi yang terkait dengan para pengusaha dan tidak lepas dari tangan pemerintah,dari rangkaian aktivitas exsport import tersebut penulis harus lebih mengetahui komoditi apa saja yang serin g ditangani atau dikirim dalam kegiatan exsport import oleh setiap instansi-instansi trsebut.
             
              Diantara instansi-instansi tersebut khusus untuk pengiriman barang(dari negara asal sampai ke negara tujuan/exsport) tidak lepas dari exsportir,perusahaan freight forwarding ( agent ),perusahaan airlines,perusahaan ground handling,dan pemerintah,dimana tingkat eksport yang semakin tinggi menujukan bahwa semakin tingginya tingkat kebutuhan akan komoditi tersbut,apalagi untuk komoditi-komoditi tertentu atau barang-barang langka yang dimana hanya negara-negara tertentu yang mempunyai sumber daya alam tersebut.

              Pergudangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan terminal atau pusat dari arus exsport  dan import yang melalui udara denagn menggunakan berbagai macam penerbangan yang ada,oelh karena itu dengan adanya hal tersebut pengiriman arus barang(exsport) selama proses didarat(warehousing) tidak lepas dari perusahaan ground handling yang dimana memberikan pelaynan untuk penanganan barang-barang exsport tersebut melalui proses operasionalnya.
          perusahaan ground handling merupakan perusahaan penyedia jasa atau pelayanan yang di berikan kepada setiap pelanggan berupa penanganan selama didarat, disinilah pran dari pada aktivitas perusahaan grond handling , salah satu dari penanganan yang diberikan oleh pihak grond handling adalah cargo handling yang berkaitan dengan arus exsport import barang,dalam penanganan kargo pihak grond handling harus memberikan pelayanan yang terbaik terutama untuk komoditi-komoditi tertentu yang masuk dalam kategori spesial komoditi atau spesial kargo dimana proses penanganan harus berdasarkan standar IATA ( Internasioanl Air Transport Association ) atau IATA air cargo regulation baik untuk packing,marking,labeling,penyimpanan selama di gudang maupun dokumen-dokumen yang dilampirkan sampai dengan proses loading di ULD( unit load device).
             Dengan adanya proses penanganan spesial kargo selama digudang,penulis akan membahas lebih lanjut karena penulisan ini merupakan hal yang didasarkan untuk memahami akan pentingnya suatu pelayanan guna peningkatkan pelayanan tersebut. akan hal-hal diatas penulis ingin mengemukakan dalam bentuk sebuahtugas yang brjudul " PROSES PENANGANAN SPESIAL KARGO DAN KELENGKAPAN DOKUMEN UNTUK PENGIRIMAN MUATAN SELAMA DI GUDANG EKSPORT PADA PT JAS.

B.Tujuan dan Manfaat Penulis
 1.Tujuan
            a. Dengan terlaksananya penulis ingin mengemukakan segala bentuk objek ke dalam laporan yang meruapakan tugas akhirsebagai syarat untuk kelulusan.
            b.dalam penyusunan laporan ini untuk mengetahui bgaimana proses penanganan yang terjadi selama di lapangan dengan memberikan data yang akurat berdasarkan pantauan dan pelaksanaan secara langsung.
            c. Untuk lebih meningkatkan sistem operasioanal terutama dalam hal sistem komputerisasi dengan penanganan sistem teknologi yang lebih canggih agar tidak terjadi kelambatan dalam proses penanganan barang pada gudang eksport PT JAS.
        
      2.Manfaat
            a.Penyusunan laporan ini dapat dijadikan sebagai wawasan atau ilmu pengetahuan bagi penulis mengenai bagaimana cara operasional prosedur dalam membrikan pelayanan selama di gudang eksport.
             b. Agar perusahaan lebih mengetahui kelemahan-kelamhannya untuk dapat di perbarui menjadi yang lebih baik di tengah-tengah persaingan jasa grond handling yang semakin pesat.

            c. Dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya memahami teori tetapi juga mampu melaksanakan prateek dan mengembangkan kemandirian,disipli,kreatifitas dan rasa tanggung jawab serta bermanfaat untuk generasi selanjutnya dalam penyusunan laporan berikutnya.
 














C.Permasalahan dalam proses penaganan

        1.Terjadi packing ( Pengemasan/ Pengepakan ) yang tidak sesuai
        2.ketidak lengkapan dan kesalahan dalam dokumen
       3.Terjadinya off load cargo
       4.Terjadinya MSCA (missing cargo )
      5.Kesalahan dalam penimbangan barang ( kelbihan brat barang )

D.Ruang lingkup penulis
      Dalam penulis laporan ini akan membahasmengenai khusus ruang lingkup proses penanganan untuk spesial kargo beserta kelengkapan dokumen yang di lampirkandalam pengiriman kargo itu sendiri selama berada di area gudang eksport pada PT JAS.

E. Sistematika Penulis 

1.BAB I PENDAHULUAN
2.BAB II KAJIAN PRATEK KERJA LAPANGAN
3.BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN PT JAS
4.BAB IV PEMBAHASAN PERMASALAHAN
5.BAB V PENUTUP








 









         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar