Senin, 20 Juni 2011

Ahmad Ikbal (224108070) proposal

BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang


Promosi sudah menyatu didalam kehidupan kita sehari-hari dari berbagai produk dan jasa serta dari berbagai produsen,hadir menjumpai kita setiap saat dimanapun kita berada. Kesuksesan suatu perusahaan sangat tergantung pada seberapa jauh produk dari perusahaan tersebut dikenal oleh konsumen, semua itu dapat dilakukan melalui satu cara, cara tersebut ialah promosi.
Lokasi penelitian ini dilakukan di PT. MONANG SIANIPAR ABADI KARGO yang lebih dikenal dengan nama MSA KARGO,pada umumnya dan Air Freight Division pada khususnya yang beralamat di Kompleks Pergudangan Taman Niaga Soewarna Blok H, Lot 5 Soekarno-Hatta International Airport Cengkareng. MSA KARGO merupakan salah satu dari perusahaan yang bergerak dalam sektor industri jasa angkutan barang (kargo). Sebagai perusahaan kargo yang telah dikenal dan juga membuka kantor perwakilan diberbagai kota di Indonesia, mereka juga mau tidak mau harus menghadapi persaingan dengan berbagai perusahaan sejenis lainnya baik dari dalam ataupun luar negeri. Karena untuk divisi udara (air freight) ini MSA KARGO sudah tergolong cukup lama dalam Freight Forwading atau perusahaan yang bergerak di industri jasa pengiriman kargo melalui udara.
Penulis tertarik untuk menulis langkah-langkah yang dilakukan oleh pihak MSA Kargo dalam menghadapi persaingan tersebut dan usahanya untuk meningkatkan jumlah pengiriman kargo, serta untuk memperoleh keuntungan dari bisnis yang dijalankan dan untuk lebih dikenal didunia industri jasa tersebut melalui kegiatan promosi. Oleh karena itu penulis mengajukan judul “ANALISIS HUBUNGAN KEGIATAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENGIRIMAN KARGO EKSPOR UDARA PADA PT. MONANG SIANIPAR ABADI (MSA KARGO) TAHUN 2005”

B. PERUMUSAN MASALAH
1. Identifikasi Masalah
Mengidentifikasikan analisis hubungan kegiatan promosi terhadap volume pengiriman kargo ekspor udara pada PT. Monang Sianipar Abadi (MSA KARGO)
2. Pembatasan Masalah
Dalam Skripsi ini penulis membatasi ruang lingkup agar tidak meluas yaitu membatasi masalah mengenai analisis hubungan kegiatan promosi terhadap volume pengiriman kargo ekspor udara pada PT. Monang Sianipar Abadi ( MSA KARGO ) tahun 2004.
3. Pokok Permasalahan
Beberapa faktor penting dalam meningkatkan jumlah pengiriman barang atau kargo adalah dengan melakukan promosi dengan menempuh berbagai alternatif guna mencapai tujuan yang dimaksud.
Dalam hal ini yang menjadi pokok permasalahan yang diangkat dalam penulisan skripsi ini adalah :
1) Bagaimana cara agar nama perusahaan yang baru bergerak dalam pengiriman barang atau kargo udara ini lebih dikenal luas oleh pengguna sektor industri jasa ini ?
2) Seberapa besar pengaruh promosi dalam menunjang dan meningkatkan pengiriman dari Divisi Air Freight atau kargo udara ini ?
3) Bagaimana kegiatan promosi yang berlaku pada volume pengiriman kargo ekspor udara PT. Monang Sianipar Abadi ?

C. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
1) Tujuan penelitian
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh MSA Kargo dengan unsur-unsur pemasaran, tetapi oleh sebagian besar orang menganggap atau mengidentikan pemasaran keliru dengan promosi. Promosi adalah salah satu dari fungsi pemasaran. Promosi dapat menunjang dan membantu peningkatan jumlah pengiriman kargo melalui udara dan untuk menghadapi persaingan, terlebih dalam menghadapi era pasar bebas (globalisasi). Dimana untuk industri jasa ini akan berkompetisi secara regional dan internasional. Karena sektor industri ini mempunyai peran yang cukup besar dalam perekonomian.
Penulis menemukan bahwa untuk menunjang peningkatan pengiriman kargo melalui udara diperlukan suatu cara atau langkah-langkah yang cukup efektif,salah satu cara tersebut ialah melalui cara promosi. Dan penulis melihat bahwa didalam MSA Kargo mempunyai kekuatan internal untuk dapat menunjang atau meningkatkan jumlah pengiriman kargo tersebut. Kekuatan tersebut berupa sales team yang kuat dan melalui promosi-promosi dan personel-personel yang harus mampu terjun pada bidang unit usaha freight forwading ini. Selain itu promosi merupakan salah satu dari Visi,Misi dan Tujuan dari PT. MONANG SIANIPAR ABADI (MSA KARGO) yang harus dijalankan oleh setiap personel yang tergabung dalam lingkungan MSA SYSTEM.
Metode yang digunakan dalam penulisan dan penyusunan skripsi ini adalah metode riset lapangan dan kepustakaan beserta teknik penelitiannya dilakukan dengan cara wawancara.
2) Manfaat Penelitian
Adapun Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah :
a. Bagi Penulis
Penulis berguna untuk memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dalam rangka menyelesaikan pendidikan program Strata satu (S1) dalam bidang Management Transpor. Dan juga penelitian yang dilakukan dapat menambah wawasan, pengetahuan terapan dan memahami lebih dalam mengenai kegiatan promosi terhadap volume pengiriman kargo ekspor udara.
b. Bagi Perusahaan
Untuk menjadi masukkan bagi perusahaan dalam menganalisa dan menganbil keputusan terhadap masalah yang berkaitan dengan upaya-upaya peningkatan etos kerja serta volume pengiriman kargo ekspor udara.
c. Bagi Lembaga STMT Trisakti dan Masyarakat.
Bagi pembaca terutama mahasiswa dapat memperoleh tambahan pengetahuan dari apa yang telah diketahui dan diperoleh selama ini tentang adanya kaitan promosi terhadap volume pengiriman kargo ekspor udara.



D. METODE DAN SISTEMATIKA PENELITIAN.
1. Jenis dan Sumber Data
Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dalam bentuk angket dan data kuantitatif dalam bentuk skor dari jawaban angket. Sedangkan untuk sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu data yang digunakan kuesioner atau angket.

2. Populasi dan Sampel
Populasi merupakan jumlah obyek secara keseluruhan atau generalisasi dari obyek yang memiliki kuantitas atau karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan diambil kesimpulannya. Adapun populasi data dalam penelitian ini adalah karyawan disemua bidang.
Sample adalah bagian dari populasi atau bagian dari karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Sample ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah efisiensi biaya dan efektifitas waktu. Adapun sample yang diambil adalah sebanyak 30 karyawan PT. Monang Sianipar Abadi (MSA KARGO).

3. Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode sebagai berikut:
a. Riset Lapangan ( Field Research )
Metode penelitian untuk mendapatkan data yang diperlukan secara langsung dari obyek penelitian atau perusahaan yang diteliti. Dalam memperoleh data tersebut penulis menggunakan beberapa tehnik pengumpulan data yaitu :
1) Pengamatan secara langsung ( Observasi )
2) Wawancara ( Interview ) secara lisan kepada pihak-pihak yang berwenang dalam memberikan data dan keterangan-keterangan yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas
3) Survey melalui kuesioner yang diberikan kepada karyawan PT. Monang Sianipar Abadi ( MSA KARGO )

b. Riset Kepustakaan ( Library Research )
Guna melengkapi data yang ada, penulis menggunakan beberapa literatur, text book, serta dokumen-dokumen yang ada dan berhubungan dengan masalah yang diteliti.

4. Tehnik Analisis Data
a. Analisis Koefisien Korelasi
Suatu metode statistika yang digunakan untuk mengetahui kuat tidaknya derajat hubungan garis lurus (linier) antara dua variabel atau lebih, nilai koefisien korelasi ini paling sedikit -1 dan yang paling besar +1, jika dibuat persamaannya dapat dinyatakan sebagai berikut : -1 0, artinya tidak ada hubungan antara X dan Y ( hubungan tidak signifikan )


b) Rumus :
t hitung = r

c) Berdasarkan t hitung dengan t tabel
t tabel ( α = 0,05 dan df = n – 2)
keterangan :
t hitung : Hasil perhitungan
r hitung : Koefisien korelasi X dan Y
n hitung : Jumlah sample
d) Kesimpulan
Jika t hitung < t tabel,maka Ho=diterima, Hi=ditolak, hubungan X dan Y tidak signifikan Jika t hitung > t tabel, maka Ho=ditolak, Hi=diterima, hubungan X dan Y signifikan

E. HIPOTESIS
Adapun hipotsis penelitian ini adalah diduga ada hubungan antara kegiatan promosi terhadap volume pengiriman kargo ekspor udara pada PT. Monang Sianipar Abadi (MSA KARGO).




F. SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika penulisan yang dipergunakan oleh penulis dalam penyusunan skripsi ini dibuat dalam bentuk bab demi bab. Secara garis besarnya sistematika tersebut adalah :

1. Bab I PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan tentang alasan pemilihan judul untuk skripsi ini, permasalahan yang akan dibahas, tujuan penelitian, metode penelitian serta sistematika yang akan dibahas dalam penyusunan skripsi.

2. Bab II TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini mengemukakan pengertian manajemen pemasaran, pengertian dan jenis-jenis promosi pemasaran, faktor- faktor
yang mempengaruhi promosi dan tujuan - tujuan dilakukannya promosi.

3. Bab III TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
Bab ini mengemukakan gambaran secara umum tentang sejarah perkembangan perusahaan, organisasi dan manajemen perusahaan, serta ruang lingkup kegiatan – kegiatan dari perusahaan.


4. Bab IV HASIL PENILITIAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini mengemukakan tentang kebijaksanaan dalam kegiatan promosi serta pengaruhnya.

5. Bab V KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini mengemukakan tentang kesimpulan dan saran – saran yang penulis coba kemukakan.


1 komentar: