Senin, 20 Juni 2011

Wahyu Satriawan 224108194

Nama: Wahyu Satriawan
NIM: 224108194

PROPOSAL SKRIPSI
Analisis Pengaruh Metode Rekrutmen terhadap Efisiensi Operasional pada PT. Garuda Indonesia

1.     Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi, perubahan struktur budaya dan peradaban telah membawa masyarakat pada suatu era yang menjadikan kecepatan akses informasi dan transportasi sebagai nilai vital yang harus terpenuhi. Transportasi Udara beserta teknologinya dalam konteks ini tentu saja menjadi “Maskot” bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat modern tersebut dalam hal kecepatan akses transportasi dan informasi. Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan nilai vital yang terus mengalami peningkatan tersebut, PT Garuda Indonesia sebagai  salah satu penyelenggara pelayanan angkutan udara di Indonesia memiliki peran  penting dalam  proses pembentukan nilai bisnis yang berorientasi pada keamanan, keselamatan, dan kenyamanan.  Untuk  itu, disamping optmimalisasi di bidang teknologi, bidang sumber daya manusia pun menjadi satu hal penting yang tidak mungkin  bisa diabaikan. Bahkan, tidak berlebihan  jika dikatakan bahwa sumber daya manusia merupakan faktor “garis depan” yang memiliki nilai strategis  tertinggi dalam pembentukan nilai bisnis.
Pada dasarnya, pembentukan nilai bisnis dalam suatu organisasi secara asasi dipengaruhi oleh efektivitas, efisiensi, dan existensi operasional organisasi itu sendiri.  Dan berdasarkan logika manajerial, sumber daya manusia merupakan variabel strategis yang secara positif mempengaruhi tingkat efektivitas dan efisiensi operasional. Karena itu, pengelolaan sumber daya manusia yang tepat perlu dilakukan mulai dari tahap paling awal, yakni mengkaji dan menentukan metode rekrutmen dan pola kualifikasi calon pegawai. 
Dalam tradisi organisasi, proses rekrutmen seringkali berbenturan dengan nilai-nilai efektivitas dan efisiensi biaya organisasi. Dan hal ini akan bertambah buruk jika rendahnya efisiensi biaya dalam proses perekrutan bertemu dengan rendahnya efisiensi operasional yang dihasilkan dalam satu garis lurus. Karena itu, pengkajian terhadap metode rekrutmen sangat penting  dilakukan untuk menghasilkan bahan pertimbangan bagi organisasi dalam menentukan alternatif-alternatif perekrutan. Dengan begitu, organisasi diharapkan dapat meminamalisir biaya, sekaligus mengoptimalisasikan proses perekrutan untuk memperoleh “orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat”.

2.     Perumusan Masalah

2.1 Identifikasi Masalah
                  
Proses perekrutan  kerap kali dinyatakan sebagai proses yang bertentangan dengan konsep efektivitas dan efisiensi biaya organisasi. Hal ini dikarenakan proses perekrutan membutuhkan waktu yang panjang dan biaya yang sama sekali tidak sedikit. Beban organisasi pun akan semakin bertambah apabila rendahnya efisiensi biaya yang dikeluarkan bertemu dengan rendahnya efisiensi operasional (yang dihasilkan  sumber daya manusia yang direkrut) pada satu titik tertentu.

2.2                     Pembatasan Masalah

-          Secara tematik, variabel-variabel penelitian penulis batasi hanya pada kajian manajemen sumber daya manusia.
-          Secara spasial, penulis membatasi obyek penelitian hanya pada PT. Garuda Indonesia.
-          Secara temporer, penulis membatasi waktu penelitian hanya pada periode bisnis 2011.

2.3                     Pokok Masalah

1.      Bagaimana menerapkan metode rekrutmen  yang tepat pada PT. Garuda Indonesia?
2.      Bagaimana tingkat efesiensi operasional pada PT. Garuda Indonesia?
3.      Apakah terdapat hubungan antara metode rekrutmen yang diterapkan dengan tingkat efesiensi operasional pada PT. Garuda Indonesia?

3.     Tujuan dan Manfaat Penelitian

3.1Tujuan Penelitian

1. Mengetahui dan menganalisis metode rekrutmen yang diterapkan oleh PT. Garuda Indonesia.
2. Menganalisis  tingkat efesiensi yang dicapai oleh PT. Garuda Indonesia.
3. Menganalisis dan menjelaskan hubungan antara metode rekrutmen yang diterapkan dengan tingkat efisiensi perusahaan.

3.2 Manfaat Penelitian
1.      Bagi penulis
            Sebagai sarana untuk menambah ilmu pengetahuan dalam bidang manajemen sumber daya manusia, khususnya dalam mengenal dan mendalami metode rekrutmen.
2.      Bagi lembaga
            sebagai acuan bagi penelitian selanjutnya dalam mengembangkan manajemen sumber daya manusia.
3.      Bagi pembuat kebijakan
            memberi gambaran dan masukan akan pentingnya metode rekrutmen.


     4.     Metode Penelitian

4.1  Metode Pengumpulan Data

Dalam tulisan ilmiah kali ini, kami (penulis) menggunakan metode gabungan (kombinasi) dalam mengorganisasikan data dan menyusun kerangka penelitian yang kami lakukan. Metode kombinasi ini berupa:
1.      Metode pustaka: kami mengambil data yang mendukung penelitian kami dari sumber tertulis berupa literature ilmiah, jurnal ilmiah, media massa, internet, dan lain-lain yang memuat  informasi faktual dan pendapat pakar atau ahli yang berkaitan dengan tema pembahasan.
2.      Metode kuesioner (angket): kami juga mengambil data dari angket dan observasi langsung untuk mendukung penelitian kami secara empiris.

4.2  Metode Analisis Data
Dalam tulisan ilmiah kali ini, penulis menggunakan analisis regresi-korelasional sebagai alat dalam menganalisis data. Analisis regresi korelasional adalah alat analisis statistik yang digunakan untuk menganalisis hubungan dan sifat hubungan antara tiap-tiap variabel yang diteliti. Dalam tulisan kali ini, variabel-variabel yang akan ditelaah secara asosiatif adalah:
-          Metode rekrutmen, dan
-          Efisiensi operasional

     5.     Hipotesis

Hipotesis penelitian ini terdiri dari pola hubungan antar variabel, yakni:

1. Metode rekrutmen diduga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap efisiensi operasional perusahaan.

     6.     Sistematika Penulisan

Sistematika  yang penulis gunakan dalam penyusunan tulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut:
- BAB I berisi Pendahuluan
            Pada Bab pertama ini penulis menjelaskan latar belakang permasalahan yang akan penulis bahas dalam tulisan ini, dan juga menjelaskan permasalahan yang dibahas secara global. Di dalamnya juga tertulis hal-hal yang berkenaan dengan perumusan masalah, metode penelitian, beserta alat dan teknik analisis data.

- BAB II berisi Kajian Teori
            Kajian teori merupakan suatu bab dimana penulis mencoba menghimpun teori-teori yang berkaitan dengan pembahasan berdasarkan literatur-literatur ilmiah yang penulis dapatkan .

BAB III berisi berisi analisis dan pembahasan
              Merupakan bab inti dari pembahasan tulisan ini, dimana penulis memaparkan permasalahan yang akan dibahas beserta alternative pemecahannya.

-BAB IV berisi kesimpulan dan saran           
            Bab yang berisi kesimpulan berdasarkan kajian pembahasan pada bab sebelumnya, dan saran yang akan coba penulis sampaikan berkaitan dengan pembahasan.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar