Kamis, 31 Maret 2011

HANNA 2241.08.111


PROPOSAL SKRIPSI
“PENGARUH KETERLAMBATAN JADWAL PENERBANGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENGIRIMAN CARGO”



NAMA : LIES HANNA SIMBOLON
NIM : 2241.08.111
TUGAS INDIVIDU
“SEMINAR”


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR JAKARTA
2010/2011

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Maasalah
Dalam kurun waktu decade terakhir ini, pengangkutan merupakan salah satu sector penunjang pembangunan dan pemberi jasa terhadap perekonomian Indonesia maupun terhadap perekonomian dunia.
Ketepatan waktu adalah salah satu bentuk pelayanan yang dibutuhkan oleh para pengguna jasa yang ingin mengangkut barang nya agar sampai ketempat tujuan dengtan cepat.
Salah satu jasa pengiriman ataupun pengangkutan yang dikenal dalam dunia transportasi adalah pengiriman melalui udara yang memiliki sisi keunggulan dalam hal waktu pengiriman yang cukup cepat dibandingkan dengan moda  transportasi lainnya.
Tentunya untuk memenuhi kebutuhan akan ketepatan waktu dari jasa pengiriman barang dibutuhkan juga ketepatan jadwal penerbangan yang biasa disediakan oleh para perusahaan penerbangan yang bergerak dibidang pengangkutan cargo, baik dari jadwal keberangkatan maupun dari jadwal kedatangan pesawat.
Jika suatu perusahaan penerbangan memberikan informasi yang keliru sebagai service dari jasa pelayanan nya tentu nya akan mempengaruhi terhadap perkiraan waktu tiba. Salah satu kendala yang sering terjadi dari penyediaan jadwal yang ditentukan oleh suatu perusahaan penerbangan adalah masalah keterlambatan.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk proposal dengan judul “PENGARUH KETERLAMBATAN JADWAL PENERBANGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENGIRIMAN CARGO”.



B.     Perumusan Masalah
1.      Identifikasi masalah
Dari jadwal yang sudah dibuat oleh salah satu perusahaan penerbangan ditemukan adanya permassalahan yang diidentifikasi sebagai berikut :
a.       Jadwal yang sudah direncanakan terkadang banyak mengalami perubahan.
b.      Adanya beberapa kendala yang menyebabkan jadwal menjadi tidak tepat waktu.
c.       Seringnya pesawat mengalami keterlambatan keberangkatan dan
kedatangan.
2.      Pembatasan Masalah
Dalam pembuatan proposal ini penulis membatasi pembahasan akan masalah mengenai “Pengaruh Keterlambatan Jadwal Penerbangan Terhadap Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang”.
3.      Pokok Masalah
Adapun masalah-masalah yang penulis rumuskan dalam penyusunan proposal ini adalah :
a.       Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterlambatan jadwal penerbangan?
b.      Apakah pengaruh yang ditimbulkan dari keterlambatan jadwal penerbangan terhadap kualitas pelayanan pengiriman cargo?

C.    Tujuan dan Manfaat
1.      Tujuan penelitian
Didalam penyusuanan proposal ini ada beberapa tujuan yang hendak penulis capai yaitu :
a.       Untuk mengetahui lebih jelas factor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterlambatan jadwal penerbangan.
b.      Untuk mengetahui lebih jelas apa sajakah pengaruh yang dari keterlambatan jadwal penerbangan terhadap kualitas pelayanan pengiriman cargo.
2.      Manfaat penelitian
Adapun manfaat yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:


a.       Bagi penulis
Mengetahui dan menambah lebih jauh pengetahuan dan pemahaman mengenai pengaruh yang ditimbulkan dari adanya keterlambatan jadwal penerbangan terhadap kualitas pelayanan pengiriman barang.
b.      Bagi STMT Trisakti
Dengan adanya penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai pengaruh yang ditimbulkan dari adanya keterlambatan jadwal penerbangan terhadap kualitas pelayanan pengiriman barang khususnya bagi mahasiswa peminatan program studi Manajemen Transpor Udara.

D.    Metodologi Penelitian
1.      Metode pengumpulan data
a.       Penelitian lapangan
Yaitu suatu penelitian yang diadakan dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap objek penelitian yang menjadi pokok permasalahan untuk memperoleh dat-data yang diperlukan dengan melakukan tijauan secara langsung.
Penelitian lapangan ini terbagi menjadi dua cara, yaitu :
1.      Pengamatan langsung
Yaitu penulis mengadakan pengamatan dan pengumpulan data yang dicatat secara langsung terhadap objek penelitian ataupun kegitan-kegiatan yang berhubungan dengan topic pembahasan pokok permasalahana dalm proposal ini.
2.      Wawancara
Yaitu teknik pengumpulan data dengan mengadakan wawancara langsung dengan para pihak pejabat perusahaan dan karyawan yang terkait baik secara langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan pembuatan jadwal untuk memperoleh informasi secara lisan yang dibutuhkan dalam penyusunan proposal ini
b.      Penelitian kepustakaan
Yaitu melakukan pengumpulan bahan atau data dengan cara membaca dan mempelajari sumber tertulis seperti literatur, jurnal ilmiah, diktat, serta materi perkuliahan di Sekolah Tinggi Manajemen Transpor (STMT) Trisakti yang didalamnya berkaitan dengan permasalahan dan penelitian proposal ini.
2.      Metode analisis data
Dalam menganalisis data pengaruh keterlambatan jadwal penerbangan, maka penulis menggunakan metode Hipotesa yaitu suatu cara atau metode berupa memberikan dugaan sementara tentang pengolahan data-data kualitatif yang berhubungan dengan pembahasan permasalahan sebenarnya.


E.     Sistematika Penulisan
Sebagai upaya untuk mempermudah pembaca dalam memahami isi materi proposal secara terinci dan keseluruhan, maka penulis membuat sistematika materi berdasarkan bab yang diorganisir sebagai satu kesatuan yang utuh dansaling berhubungsn dengan susunan sebagai berikut :
BAB I                         : PENDAHULUAN
Dalam bab ini diuraikan mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian serta sistematika penulisan proposal.
            BAB II            : LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan berbagai macam teori yang digunakan sebagai dasar pemikiran yang berhubungan erat dengan pokok bahasan dan permsalahan dari penelitian, diantaranya yaitu menganai pengertian-pengertian waktu, jadwal, kualitas, dan hipotesis.

BAB III          : GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Bab ini berisikan tentang uraian singkat sejarah perusahaan, organisasi dan manajemen, serta kegiatan usaha perusahaan.

BAB IV          : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab ini merupakan inti dari pokok pembahasan proposal yang didalam nya berisi tentang analisis permasalahan serta pembahasannya tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterlambatan jadwal penerbangan dan pengaruh yang ditimbulkan dari keterlambatan jadwal penerbangan terhadap kualitas pelayanan pengiriman cargo.
BAB V            : PENUTUP

Dalam bab ini penulis membuat beberapa kesimpulan dan saran dari adanya pembahasan permasalan yang ada di BAB IV. 


DAFTAR PUSTAKA
www.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar