Kamis, 31 Maret 2011

HANNA 2241.08.111


PROPOSAL SKRIPSI
“PENGARUH KETERLAMBATAN JADWAL PENERBANGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENGIRIMAN CARGO”



NAMA : LIES HANNA SIMBOLON
NIM : 2241.08.111
TUGAS INDIVIDU
“SEMINAR”


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN TRANSPOR JAKARTA
2010/2011

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Maasalah
Dalam kurun waktu decade terakhir ini, pengangkutan merupakan salah satu sector penunjang pembangunan dan pemberi jasa terhadap perekonomian Indonesia maupun terhadap perekonomian dunia.
Ketepatan waktu adalah salah satu bentuk pelayanan yang dibutuhkan oleh para pengguna jasa yang ingin mengangkut barang nya agar sampai ketempat tujuan dengtan cepat.
Salah satu jasa pengiriman ataupun pengangkutan yang dikenal dalam dunia transportasi adalah pengiriman melalui udara yang memiliki sisi keunggulan dalam hal waktu pengiriman yang cukup cepat dibandingkan dengan moda  transportasi lainnya.
Tentunya untuk memenuhi kebutuhan akan ketepatan waktu dari jasa pengiriman barang dibutuhkan juga ketepatan jadwal penerbangan yang biasa disediakan oleh para perusahaan penerbangan yang bergerak dibidang pengangkutan cargo, baik dari jadwal keberangkatan maupun dari jadwal kedatangan pesawat.
Jika suatu perusahaan penerbangan memberikan informasi yang keliru sebagai service dari jasa pelayanan nya tentu nya akan mempengaruhi terhadap perkiraan waktu tiba. Salah satu kendala yang sering terjadi dari penyediaan jadwal yang ditentukan oleh suatu perusahaan penerbangan adalah masalah keterlambatan.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk proposal dengan judul “PENGARUH KETERLAMBATAN JADWAL PENERBANGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENGIRIMAN CARGO”.



B.     Perumusan Masalah
1.      Identifikasi masalah
Dari jadwal yang sudah dibuat oleh salah satu perusahaan penerbangan ditemukan adanya permassalahan yang diidentifikasi sebagai berikut :
a.       Jadwal yang sudah direncanakan terkadang banyak mengalami perubahan.
b.      Adanya beberapa kendala yang menyebabkan jadwal menjadi tidak tepat waktu.
c.       Seringnya pesawat mengalami keterlambatan keberangkatan dan
kedatangan.
2.      Pembatasan Masalah
Dalam pembuatan proposal ini penulis membatasi pembahasan akan masalah mengenai “Pengaruh Keterlambatan Jadwal Penerbangan Terhadap Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang”.
3.      Pokok Masalah
Adapun masalah-masalah yang penulis rumuskan dalam penyusunan proposal ini adalah :
a.       Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterlambatan jadwal penerbangan?
b.      Apakah pengaruh yang ditimbulkan dari keterlambatan jadwal penerbangan terhadap kualitas pelayanan pengiriman cargo?

C.    Tujuan dan Manfaat
1.      Tujuan penelitian
Didalam penyusuanan proposal ini ada beberapa tujuan yang hendak penulis capai yaitu :
a.       Untuk mengetahui lebih jelas factor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterlambatan jadwal penerbangan.
b.      Untuk mengetahui lebih jelas apa sajakah pengaruh yang dari keterlambatan jadwal penerbangan terhadap kualitas pelayanan pengiriman cargo.
2.      Manfaat penelitian
Adapun manfaat yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:


a.       Bagi penulis
Mengetahui dan menambah lebih jauh pengetahuan dan pemahaman mengenai pengaruh yang ditimbulkan dari adanya keterlambatan jadwal penerbangan terhadap kualitas pelayanan pengiriman barang.
b.      Bagi STMT Trisakti
Dengan adanya penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai pengaruh yang ditimbulkan dari adanya keterlambatan jadwal penerbangan terhadap kualitas pelayanan pengiriman barang khususnya bagi mahasiswa peminatan program studi Manajemen Transpor Udara.

D.    Metodologi Penelitian
1.      Metode pengumpulan data
a.       Penelitian lapangan
Yaitu suatu penelitian yang diadakan dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap objek penelitian yang menjadi pokok permasalahan untuk memperoleh dat-data yang diperlukan dengan melakukan tijauan secara langsung.
Penelitian lapangan ini terbagi menjadi dua cara, yaitu :
1.      Pengamatan langsung
Yaitu penulis mengadakan pengamatan dan pengumpulan data yang dicatat secara langsung terhadap objek penelitian ataupun kegitan-kegiatan yang berhubungan dengan topic pembahasan pokok permasalahana dalm proposal ini.
2.      Wawancara
Yaitu teknik pengumpulan data dengan mengadakan wawancara langsung dengan para pihak pejabat perusahaan dan karyawan yang terkait baik secara langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan pembuatan jadwal untuk memperoleh informasi secara lisan yang dibutuhkan dalam penyusunan proposal ini
b.      Penelitian kepustakaan
Yaitu melakukan pengumpulan bahan atau data dengan cara membaca dan mempelajari sumber tertulis seperti literatur, jurnal ilmiah, diktat, serta materi perkuliahan di Sekolah Tinggi Manajemen Transpor (STMT) Trisakti yang didalamnya berkaitan dengan permasalahan dan penelitian proposal ini.
2.      Metode analisis data
Dalam menganalisis data pengaruh keterlambatan jadwal penerbangan, maka penulis menggunakan metode Hipotesa yaitu suatu cara atau metode berupa memberikan dugaan sementara tentang pengolahan data-data kualitatif yang berhubungan dengan pembahasan permasalahan sebenarnya.


E.     Sistematika Penulisan
Sebagai upaya untuk mempermudah pembaca dalam memahami isi materi proposal secara terinci dan keseluruhan, maka penulis membuat sistematika materi berdasarkan bab yang diorganisir sebagai satu kesatuan yang utuh dansaling berhubungsn dengan susunan sebagai berikut :
BAB I                         : PENDAHULUAN
Dalam bab ini diuraikan mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian serta sistematika penulisan proposal.
            BAB II            : LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan berbagai macam teori yang digunakan sebagai dasar pemikiran yang berhubungan erat dengan pokok bahasan dan permsalahan dari penelitian, diantaranya yaitu menganai pengertian-pengertian waktu, jadwal, kualitas, dan hipotesis.

BAB III          : GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Bab ini berisikan tentang uraian singkat sejarah perusahaan, organisasi dan manajemen, serta kegiatan usaha perusahaan.

BAB IV          : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab ini merupakan inti dari pokok pembahasan proposal yang didalam nya berisi tentang analisis permasalahan serta pembahasannya tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterlambatan jadwal penerbangan dan pengaruh yang ditimbulkan dari keterlambatan jadwal penerbangan terhadap kualitas pelayanan pengiriman cargo.
BAB V            : PENUTUP

Dalam bab ini penulis membuat beberapa kesimpulan dan saran dari adanya pembahasan permasalan yang ada di BAB IV. 


DAFTAR PUSTAKA
www.blogspot.com

Rabu, 30 Maret 2011

proposal skripsi

NAMA: SYIFA SOLIHAH
NIM: 224108153


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Kota Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang banyak didatangi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan meningkatnya perkembangan bisnis di kota Bandung sekarang ini, serta persaingan bisnis yang begitu ketat di Bandung, maka meningkatnya sarana transportasi barang baik melalui moda transportasi darat, laut maupun udara. Para pelaku kegiatan bisnis menginginkan agar produknya dapat didistribusikan dengan cepat, tepat dan aman sampai diterima konsumennya.
Dengan demikian jelas bahwa peran jasa transportasi sangat begitu penting dalam menjawab tantangan ekonomi tersebut. Sarana dan prasarana harus baik dan memadai, seperti jalan tol, jalan raya, pelabuhan dan Bandar udara harus memenuhi syarat yang baik atau layak digunakan untuk dapat memudahkan proses kegiatan ekonomi dan perdagangan. Bukan hanya itu, moda transportasi darat, laut dan udara harus beroperasi secara profesional dan bertanggung jawab atas pelayanan terhadap konsumennya, seperti menawarkan jasa berupa pengangkutan barang ataupun orang dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan aman, selamat sampai tujuan.
Adanya produk-produk hasil dari kegiatan industri besar maupun kecil serta usaha kecil dan menengah membuat kebutuhan akan jasa pengangkutan barang semakin diperlukan. Para pengusaha dapat memilih moda transportasi dapat memilih yang ingin digunakan untuk pengiriman hasil dari industrinya. Salah satu moda transportasi yang digunakan para pelaku bisnis adalah moda transportasi udara.
Transportasi dapat diartikan sebagai pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan atau dari satu tempat ke tempat lainnya. Salah satu faktor yang menyebabkan barang dipindahkan atau diangkut dari tenpat asal ke tempat tujuan adalah karena barang akan lebih tinggi nilainya di tempat tujuan dari pada di tempat asalnya. Oleh sebab itu, dikatakan transportasi memberikan nilai waktu dan nilai tempat kepada barang yang diangkut, dimana nilai-nilai tersebut lebih besar daripada biaya-biaya yang dikeluarkan. Kedua nilai tersebut sebagai barang dalam bentuk jasa da mempunyai harga. Dengan demikian nilai atau jasa merupakan output dari perusahaan angkutan.
PT Antarareja Prima Antaran / RPX merupakan salah satu SBU ( Strategic Business Unit) dari Repex Wahana yang menyediakan jasa pelayanan angkutan domestik untuk seluruh wilayah Indonesia. Dengan pengetahuan dan dukungan dari seluruh karyawan yang berdedikasi tinggi, PT Antareja Prima Antaran siap untuk untuk memberi layanan transportasi yang mendukung One Stop Logistic dari Repex wahana yang cabangnya tersebar dibanyak daerah di Indonesia dan setiap cabangnya melayani permintaan barang dari pemilik barang (shipper) dapat dibayangkan banyaknya jumlah barang yang perlu didiastribusikan dengan jarak kota bervariasi.
Barang yang dapat diangkut sebagai kargo itu secara umum terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu general cargo (barang umum) dan special cargo (barang yang membutuhkan penanganan khusus). Semua jenis kargo tadi membutuhkan prosedur dan dokumentasi, agar dapat disimpan di gudang untuk kemudian loading ke pesawat. Untuk pengiriman barang yang termasuk ke dalam barang umum domestik, walaupun tidak memerlukan penanganan yang khusus, tetapi prosedur, dokumentasi dan penanganannya tetap harus ditangani dengan baik.
Prosedur apa saja yang harus dilalui oleh shipper atau agent dalam melakukan pengiriman kargo, khususnya untuk kargo domestik beserta dokumen-dokumen yang dibutuhkan, PT Antareja Prima Antaran / RPX didukung dengan pengetahuan dan dukungan dari seluruh karyawan yang berdedikasi tinggi mampu menjawab kebutuhan zaman. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam bentuk sebuah skripsi dengan judul: “OPTIMALISASI PENDISTRIBUSIAN KARGO DOMESTIK  PT ANTAREJA PRIMA ANTARAN CABANG BANDUNG TAHUN 2010”.

B.     Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
1.      Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan pada latar belakang masalah, maka diidentifikasi masalah-masalah yang terjadi:
a.         Masalah peralatan, yaitu peralatan penunjang yang  kurang memadai dari segi jumlahnya di bagian operasional.
b.         Masalah sumber daya manusia, yaitu kurang disiplin dan patuhnya para karyawan dalam penanganan proses pendistribusian kargo domestik.
c.         Masalah time utility, terjadinya keterlambatan dalam proses pendistribusian barang.
2.      Batasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, maka penulis hanya membatasi analisis ini hanya berada di dalam ruang lingkup hanya  pada bagian operasional pada PT Antareja Prima Antaran cabang Bandung dan sejauh mana proses kinerja mereka dapat berperan, sehingga kemudian akan berpengaruh terhadap proses yang dapat meningkatkan optimalisasi pendistribusian kargo  domestik  PT Antareja Prima Antaran cabang Bandung tahun 2010.
3.      Pokok Permasalahan
Berdasarkan uraian latar belakang tersebut, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
a.       Bagaimana Proses Pendistribusian Kargo Domestik PT. Antareja Prima Antaran cabang Bandung?
b.      Bagaimana Optimalisasi Pendistribusian Kargo Domestik PT. Antareja Prima Antaran  cabang Bandung?
c.       Apa Akar permasalahan utama Optimalisasi Pendistribusian Kargo Domestik PT. Antareja Prima Antaran Bandung serta tindak lanjut/solusi terhadap akar permasalahan ?
C.    Tujuan Penelitian
Berkaitan dengan permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian, maka tujuan dari penelitian ini adalah:
a.       Untuk mengetahui pendistribusian kargo domestik pada PT Antareja Prima Antaran.
b.      Untuk mengetahui Optimalisasi Pendistribusian Kargo Domestik             PT. Antareja Prima Antaran cabang
c.       Untuk mengetahui akar permasalahan utama serta tindak lanjut atau solusi                          terhadap akar permasalahan pada Optimalisasi Pendistibusian Kargo Domestk  pada PT. Antareja Prima Antaran cabang Bandung.
1.      Manfaat Penelitian
a.      Bagi Penulis
Untuk menambah wawasan pengetahuan khususnya tentang pendistribusian kargo.
b.      Bagi Perusahaan
Sebagai bahan masukan atau input di dalam pengambilan keputusan dimasa yang akan datang terkait dengan pendistribusian kargo domestik, agar perusahaan dapat melihat secara objektif faktor-faktor yang dapat meningkatkan optimalisasi pendistribusian kargo domestik.
c.       Bagi STMT Trisakti
Sebagai informasi tambahan dan sekaligus sebagai data dokumentasi perpustakaan STMT Trisakti.

D.    Metedologi Penelitian
Metodologi Penelitian dibagi menjadi 2 (dua) bagian:
1.      Metode Pengumpulan Data
a.       Penelitian Lapangan (Field Research)
Penelitian yang dimaksudkan untuk memperoleh data-data yang diperlukan, hasil dari pengumpulan data yaitu data primer (data yang diperoleh secara langsung).
1.      Interview / wawancara
Yaitu suatu metode pengumpulan data dengan cara mewawancara pihak yang berwenang pada perusahaan tersebut.
2.      Angket
Yaitu dalam bentuk kuesioner dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan terlebih dahulu secara tertulis agar mendapatkan jawaban yang tepat.
3.      Observasi
Metode pengumpulan data dengan cara pengamatan langsung tentang aktivitas perusahaan.
b.      Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Hasil dari penelitian kepustakaan adalah data sekunder. Penelitian kepustakaan termasuk hasil penelitian melalui segala bahan tertulis daam bentuk teks books dan sumber tertulis lainnya yang relevan dengan judul skripsi serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

2.      Metode Analisis Data
Penulis melakukan analisis tentang optimalisasi pendistribusian kargo, maka penelitian ini menggunakan metode analisis fishbone (diagram sebab-akibat) yaitu analisis yang menunjukan hubungan sebab akibat antara karakteristik mutu dan faktor.



Contoh diagram fishbone terdapat pada gambar I.1
 
Sumber : Vincent Gaspersz, (2006 :107).
Cara membuat diagram sebab–akibat untuk mengindentifikasikan sebab yaitu:
1)         Identifikasikan semua faktor yang relevan melalui pengujian dan diskusi oleh banyak orang.
            Faktor yang sangat kuat mempengaruhi karakteristik harus ditentukan dari yang terdaftar dalam diagram. Bila sebuah faktor ditinggalkan pada awal diskusi sebelum diagram dibuat, maka tidak akan muncul pada tahap akhir. Konsekuensinya,diskusi oleh semua orang yang berkepentingan tidak boleh dihilangkan pada persiapan diagram yang lengkap dan tidak boleh gagal.
2)         Nyatakan karakteristik senyata mungkin.
            Karakteristik yang dinyatakan secara abstrak hanya akan menghasilkan diagram sebab-akibat yang terlalu umum, walaupun diagram ini tidak berisi kesalahan mendasar dari pandangan sebab-akibat, tetapi tidak akan berguna untuk memecahkan masalah yang nyata.
3)         Buatlah diagram sebab-akibat yang berjumlah sama dengan karakteristik.
            Kesalahan dalam berat dan panjang pada produk yang sama akan mempunyai struktur sebab-akibat yang berbeda, dan ini yang harus dianalisis dalam dua diagram yang terpisah. Mencoba memasukkan segalanya dalam satu diagram besar yang tidak terkelola, dan membuat pemecahan masalah yang sangat sulit.
4)         Pilihlah karakteristik dan faktor yang dapat diukur.
            Sesudah menyelesaikan diagram sebab-akibat, perlu memahami kekuatan hubungan sebab-akibat secara objektif dengan menggunakan data. Untuk tujuan ini, kedua karakteristik dan faktor penyebab harus dapat diukur. Bila tidak mungkin mengukurnya, anda harus mencoba membuatnya agar dapat diukur, atau carilah karakteristik yang dapat mengganti.
5)         Temukan faktor yang dapat diuji untuk diambil tindakan.
            Bila sebab yang telah diidentifikasikan tidak dapat dikerjakan, persoalan tidak dapat dipecahkan. Bila perbaiakan dipengaruhi, sebab harus dipecah pada tingkat dimana mereka dapat dikerjakan, kebalikannya mengidentifikasikannya akan menjadi latihan yang tidak berarti.



Menentukan bobot kebalikan (Henry Tanjung).
Menurut Sugiono (2009:49) menentukan bermasalah atau tidak bermasalahnya suatu faktor penyebab dengan menggunakan rumus menghitung mean : ME = Sxi/n
Keterangan :
ME      : Mean
S          : Epilision
Xi        : Nilai ukur dari variabel ke i
n          : Jumlah individu

E.     Sistematika Penulisan
Untuk mendapatkan gambar singkat mengenai materi yang dibahas dalam penulisan skripsi ini, penulis menyusun sistematika pembahasan sebagai berikut :
BAB I       :  PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitiaan, metodelogi penelitiaan dan sistematika penulisan.
BAB II      :  LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis akan mengemukakan teori-teori yang terkait dengan masalah penelitian sebagai landasan dalam melakukan analisa dan pembahasan.


BAB III    :  GAMBARAN UMUM PT ANTAREJA PRIMA ANTARAN
Pada bab ini penulis akan menjelaskan gambaran umum objek penelitian yang meliputi sejarah singkat perusahaan, visi dan misi dari perusahaan, bidang usaha yang dijalani dan struktur organisasi.
BAB IV    :  ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis akan membahas lebih mendalam tentang proses pendistribusian kargo, untuk mengetahui fakor-faktor yang dapat meningkatkan optimalisasi pendistribusian kargo domestik dan solusi untuk mengoptimalkan pendistribusian kargo pada PT Antareja Prima Antaran.
BAB V      :  PENUTUP
Bab ini berisikan kesimpulan-kesimpulan yang dapat ditarik dari keseluruhan hasil pembahasan serta saran-saran yang mungkin menjadi masukan yang membangun bagi tempat penulis melakukan riset.
DAFTAR PUSTAKA
referensi skripsi tahun 2020-2011